Selasa, 06 Februari 2018

Verval NSM Simpatika

Simpatika pada semester genap telah menerapkan verval terbaru yang baru saja dirilis yaitu verval NSM Simpatika. Verval NSM Simpatika ini digunakan untuk memvalidasi dan verifikasi lembaga madrasah melalui kepimilikan nomor statistik madrasah (NSM). Setiap madrasah memilik NSM yang berbeda-beda dan tidak mungkin sama.
NSM inilah yang digunakan sebagi nomor unik / kode unik setiap lembaga madrasah. Tujuan simpatika mengadakan verval NSM ini adalah sebagai berikut :

  1. Untuk melakukan sinkronasi antara data simpatika dengan EMIS.
  2. Untuk Melakukan krosceck lembaga yang benar-benar aktif dan bukan lembaga fiktif
  3. Untuk mevalidkan Nama Madrasah agar sama di semua sistem yang dikelola kementrian agama

Cara Verval NSM Simpatika 

  1. Akses halaman simpatika http://simpatika.kemenag.go.id/
  2. Klik menu Login
    Verval NSM Simpatika
  3. Login menggunakan akun Kepala Madrasah atau akun Operator. disini saya contohkan login menggunakan akun operator.
    Verval NSM Simpatika
  4. Klik menu dashboard. 
    Verval NSM Simpatika
  5. Pilih icon Madrasah
  6. Maka pada dashboard layanan akun madrasah secara otomatis akan muncul jendela pop up verval NSM Simpatika.
  7. Masukan NSM Madrasah anda kemudian Klik CEK Data.
    Verval NSM Simpatika
  8. Perhatikan hasilnya jika Nama, Jenjang, dan Kota semua data sama antara simpatika dan emis maka akan kolom hasil validasi akan tercentang semua.
    Verval NSM Simpatika
  9. Klik Simpan.

Jika Hasil Validasi Verval NSM Tidak Valid

Jika nama, jenjang, dan kabupaten madrasah disimpatika dengan emis tidak sama, maka secara otomatis kolom hasil validasi tidak akan tercentang yang artinya anda harus merubah dulu salah satunya agar sama.
Jika data yang benar ada pada kolom emis maka anda tinggal  merubah dengan cara menghubungi admin kemenag kabupaten/kota karena yang bisa merubah/edit data nama madrasah, jenjang, dan kabupaten kota ini adalah admin kab/kota. Jika data sudah dirubah dan disamakan silahkan ulangi verval nsm simpatikanya.

Namun Jika data yang benar adalah data pada kolom simpatika maka anda harus merubah data yang salah pada kolom emis. Caranya dengan mengkonsultasikan kepada admin kemenag kabupaten kota untuk selanjutnya diteruskan ke pusat, karena pada dasarnya data dari emis merupakan data yang diambil dari PDSPK.

Demikian cara Verval NSM Simpatika, Jika anda menemukan permasalahan yang lain silahkan share di komentar agar bisa dibahas sesama operator disini. 


EmoticonEmoticon