Rabu, 07 Februari 2018

Panduan Sistem Informasi Geografis Sebaran Madrasah (GIS)

Sistem Informasi Geografis Sebaran Madrasah atau GIS Madrasah adalah aplikasi berbasis online untuk melakukan pengolahan data sebaran madrasah yang ada diseluruh Indonesia maupun mancanegara. Dengan adanya sistem Sistem Informasi Geografis Sebaran Madrasah (GIS) ini diharapkan semua data yang telah masuk kedalam database bisa diolah dan digunakan dalam berbagai kebutuhan seperti bidang perencanaa dan pengembangan madrasah.

Semua madrasah wajib mengisi dan melengkapi data-data yang dibutuhkan didalam aplikasi online Sistem Informasi Geografis Sebaran Madrasah (GIS). Karena betapa pentingnya keakuratan data yang selanjutnya akan digunakan sebagai dasar pembuatan keputusan-keputusan penting oleh pusat kepada seluruh madrasah diindonesia maupun mancanegara.


SUMBER DAYA YANG DIBUTUHKAN DALAM Sistem Informasi Geografis Sebaran Madrasah (GIS)
2.1 PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak yang digunakan dalam pengujian adalah : 1. Operating System 2. Browser

2.2 PERANGKAT KERAS
Perangkat keras yang dilibatkan dalam pengujian aplikasi ini adalah :
1. Komputer dengan spesifikasi memadai 2. Mouse sebagai peralatan antar muka 3. Monitor sebagai peralatan antar muka 4. Keyboard sebagai peralatan antar muka

2.3 SUMBER DAYA MANUSIA
Sumber daya manusia yang menggunakan aplikasi Sistem Informasi Geografis Sebaran Madrasah (GIS) ini adalah pengguna yang pemahaman tentang antar muka komputer.

2.4 PENGENALAN DAN PELATIHAN
Sumber daya manusia yang terlibat dalam pengoperasian aplikasi ini terlebih dahulu diberikan pengenala dan pelatihan yang cukup dalam menggunakan Aplikasi GIS Sebaran Madrasah ini.

MENU DAN CARA PENGGUNAAN Sistem Informasi Geografis Sebaran Madrasah (GIS)
3.1 STRUKTUR MENU
Adapun menu pada aplikasi GIS sebaran madrasah ini adalah sebagai berikut :
1. Halaman Operator Madrasah :

-Profile Madrasah
-KontakData LokasiKondisi Bangunan
-Kondisi Sarpras
-Kegiatan Siswa
-Prestasi Madrasah

Cara Membuka Situs Sistem Informasi Geografis Sebaran Madrasah (GIS)

Untuk memulai akses pada aplikasi GIS sebaran Badrasah ini :
  1. Bukalah aplikasi melalui web browser dengan alamat https://madrasah.kemenag.go.id/gis
  2. Kemudia tekan Enter pada keyboard atau tekan Go pada browser. 
  3. Akan muncul pada halaman browser sebagai berikut:
    Panduan Sistem Informasi Geografis Sebaran Madrasah (GIS)
Pertama kali diakses adalah tampilan peta yang terdapat titik sebaran madrasah seluruh Indonesia informasi ini sengaja disajikan untuk publik, dan untuk memutakhirkan data perlu memasukan kata kunci hak akses dengan cara klik tulisan LOGIN di bagian kanan atas, maka akan muncul tampilan seperti berikut:
Panduan Sistem Informasi Geografis Sebaran Madrasah (GIS)

Masukan Username dan password dengan benar kemudian klik tombol Sign In, jika berhasil maka akan dialihkan ke halam utama.

Setelah berhasil login maka kerjakan semua form dari tiap menu yang ada di  Sistem Informasi Geografis Sebaran Madrasah (GIS). Untuk panduan lengkapnya download dibawah ini :


EmoticonEmoticon