Selasa, 25 April 2017

Dispensasi Kelayakan Tunjangan di Simpatika

Dispensasi Kelayakan Tunjangan ini diberikan kepada guru yang belum memenuhi persyaratan yang ada pada checklis analisis kelayakan tunjangan di simpatika. Seperti Rasio, 24 JTM, Verval NRG belum Permanen, dll. Mengapa harus ada dispensasi ? karena setiap akun PTK masih banyak menyisakan berbagai permasalahan untuk memenuhi syarat munculnya tulisan "Selamat Anda Layak Mendapat Tunjangan di Periode ini". Kebanyakan adalah perihal rasio. Seperti yang kita ketahui bahwa pada sistem simpatika analisis sistem akan menyatakan layak jika guru mengajar dengan rasio 1:15. Kemudian ada juga yang Verval NRG masih belum permanen. Meskipun semua persyaratan terpenuhi mulai dari rasio, 24 JTM, Kualifikasi S1 maka tidak akan pernah tertulis "Layak mendapat tunjangan". Oleh karena itu dibutuhkan sebuah solusi dari sistem unttuk menanggulangi masalah tersebut. Berdasarkan info yang admin peroleh dari group W.A Kemenag Kab/kota terdapat berbagai dispensasi pada analisis kelayakan tunjangan simpatika dengan ketentuan yang bermacam-macam berikut info yang sudah admin gali sampai saat ini :

Di juknis TPG 2017 ada 6 jenis dispensasi yang diklasifikasikan menjadi 3 tipe yaitu :

  1. Tidak memenuhi rasio ( Dispensasi 1 )
  2. Tidak memenuhi minimal 24 JTM (Dispensasi 2,3,4,5)
  3. Belum Verval NRG Permanen di Simpatika (Dispensasi 6)
Adapun syarat dasar kelayakan penerima TPG adalah sebagai berikut :
  1. Memenuhi minimal 24 JTM Linier
  2. NRG Simpatika Sudah Permanen
  3. Minimal 6 JTM di Satminkal
  4. Usia <60 Tahun atau belum pensiun
  5. Pendidikan minimal D4/S1
  6. Memenuhi Rasio
Dispensasi Kelayakan Tunjangan di Simpatika


Kemudian implementasinya pada sistem simpatika adalah sebagai berikut

Dispensasi Kelayakan Tunjangan di Simpatika


Simpatika akan mengijinkan Dispensasi 1 bila guru tersebut telah memenuhi persyaratan 1 s/d 5. Bila salah satu dari persyaratan no 1 s/d 5 tidak dipenuhi maka sistem akan menolak ajuan dispensasi 1 (Bebas Rasio).

Simpatika akan mengijinkan Dispensasi2,3,4,5 (Kategori < 24 Jam Linier) bila guru tersebut memenuhi syarat poin 2,3,4,5,6.

Simpatika akan mengijinkan Dispensasi 6 (Verval NRG) bila guru tersebut telah memenuhi syarat poin 1,3,4,5,6 dan status ajuan verval NRG simpatika telah disetujui oleh admin Kab/Kota.

Nah dari penjelasan diatas sekarang anda bisa menganalisa sendiri apakah bisa didispensasi atau tidak. Dispensasi Kelayakan Tunjangan di Simpatika bisa jadi titik terang dibalik gelapnya hiruk pikuk permasalahan persyaratan pencairan yang sudah diotomatisasi oleh sistem simpatika.


EmoticonEmoticon