Sabtu, 04 Maret 2017

Jadwal Upload Emis Semester Genap Tahun 2017/2018

Tags

Jadwal Upload Emis Semester Genap Tahun 2017/2018 - Pendataan EMIS telah mencapai tahap upload pada periode semester genap tahun 2017 ini. Bagi para operator yang belum melakukan backup emis desktop saya sarankan agar segera melakukan backup karena jadwal upload emis semester genap sudah dirilis dan itu artinya kita sudah waktunya melakukan uploading bukan lagi melakukan backup apalagi entri data ke emis excell. Kalau masih ada yang belum menyelesaikan backup terlebih excel admin ingatkan sekali lahi agar anda segera menyelesaikanya. Tidak ada gunananya menunda nunda pekerjaan justru kita sendiri malah rugi.

Jadwal Upload Emis Semester Genap Tahun 2017/2018
yang belum punya form emis dan aplikasi emis 2017 silahkan download dulu :
  1. Download Aplikasi Desktop EMIS Semester Genap Tahun 2017 
  2. Download Form EMIS Excel Semester Genap Tahun 2017

Jadwal EMIS ini dilaksanakan mulai tanggal 2 Maret sampai dengan 21 Maret 2017 yang terbagi menjadi 4 zona wilayah upload. Sampai tulisan ini diterbitkan, admin belum mendapatkan surat edaran resmi dari Dirjen Pendis terkait jadwal upload Emis Online semester ini. Yang ada adalah surat bernomor 531/DJ.1/Set.1/OT.01.1/02/2017 tertanggal 10 Februari 2017 tentang Pengantar Pemutakhiran Data EMIS Semester Genap 2016/2017. Dalam surat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama hanya menyebutkan waktu pelaksanaan pemutakhiran data EMIS yang dimulai semenjak dikeluarkannya surat pengantar tersebut dan berakhir pada tanggal 31 Maret 2017.
Baca lebih jelasnya :
  1. Pengantar Pemutakhiran Data EMIS 2017 
  2. Mekanisme Upload EMIS Semester Genap Tahun 2017

Admin memperoleh jadwal EMIS Semester Genap ini dari penma wilayah tempat admin forum operator bekerja. Selain itu juga sudah bereda di blog lain tentang jadwa upload emis semester genap ini, adapun jadwal upload emis semester genap tahun 2016/2017 ini diberlakukan berdasarkan wilayah provinsi (kanwil Kemenag) yang tentunya memperhitungkan jumlah RA dan Madrasah yang terdapat di setiap Provinsi. Terdapat 4 zona wilayah provinsi dalam jadwal tersebut dimana masing-masing zona diberi waktu selama 5 hari untuk melakukan upload emis. Adapun keempat zona wilayah dan waktu pelaksanaan jadwal upload emis tersebut selengkapnya adalah sebagaimana berikut;

Tanggal ZONA WILAYAH UPLOAD EMIS ONLINE
2 Maret s.d 6 Maret 2017 DKI Jakarta
DI Yogyakarta
Bali
Nusa Tenggara Barat
Nusa Tenggara Timur
Kalimantan Barat
Kalimantan Selatan
Kalimantan Tengah
Kalimantan Timur
Kalimantan Utara
Sulawesi Barat
Sulawesi Selatan
Sulawesi Tengah
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Utara
Gorontalo
Papua
Papua Barat
Maluku
Maluku Utara
7 Maret s.d 11 Maret 2017 Jawa Tengah
Banten
Sumatera Selatan
Bengkulu
Sumatera Barat
12 Maret s.d 16 Maret Jawa Barat
Aceh
Riau
Lampung
Sumatera Utara
Jambi
17 Maret s.d 21 Maret 2017 Jawa Timur
Bangka Belitung
Kepulauan Riau

Bagi yang belum bisa atau belum paham caranya upload silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.
Cara Upload EMIS Online :

  1.  Siapkan database hasil backup aplikasi desktop emis.
  2.  Buka halaman upload emis pendis disini : http://emispendis.kemenag.go.id/emis1617/ 
  3. Login menggunakan email dan password anda. Sama seperti login akun emis sdm.
  4. ada 4 form bertipe select file. Yaitu file lembaga, Siswa, Lulusan, dan PTK.
  5. Masukan semua file tersebut mulai dari file database Lembaga, Detail Siswa, Detail PTK, Lulusan. Jangan sampai salah memilih karena jika form lembaga anda isi file detail siswa maka hasilnya akan eror.
  6. Jika sudah berhasil semua maka silahkan di cek dan dilihat apakah sudah sesuai, misal jumlah siswa, jumlah lulusan maupaun data data lainya.
  7. Terakhir Klik konfirmasi.
Setelah melakukan upload maka anda tidak bisa lagi login ke situs emis tersebut kecuali konfirmasi anda dibatalkan oleh penma kabupaten ataupaun kanwil bahkan pusat.

Demikian informasi lengkap mengenai jadwal upload emis semester genap tahun 2016/2017 silahkan dibagikan kepada teman-teman operator yang lain mengenai info yang sangat penting ini. Agar rekan-rekan operator diseluruh indonesia tidak ketinggalan upload.


EmoticonEmoticon