Jumat, 10 Februari 2017

EMIS 2017 : Mekanisme Update Data EMIS 2017

Tags

EMIS 2017 : Mekanisme Update Data EMIS 2017 - Bagi yang penasaran akan seperti apa mekanisme Update data emis semester genap tahun 2017 ini nanti, admin akan membagikan informasi penting mengenai konsep mekanisme update data emis 2017. Pada dasarnya EMIS Semester Genap Tahun 2017 ini hanyalah merupakan perbaikan data dari data emis yang sudah anda upload pada semester ganjil. Jika yakin semua data anda pada semester ganjil sudah OK semua dan tidak ada perubahan, maka anda tidak perlu repot-repot melakukan backup dan upload. Anda hanya perlu melakukan klik konfirmasi pada EMIS Online semester genap 2017 nanti. Namun sebaliknya bagi anda yang terkena razia harus mengecek ulang beberapa data, atau pada data anda terdapat perubahan semisal adanya siswa mutasi/pindah sekolah yang mengakibatkan perubahan jumlah siswa, maka anda wajib entri emis excel, backup, lalu upload emis 2017.


Perbaikan/Update Data pada Semester Genap ini sesungguhnya rangkaian berkelanjutan dari Update Semester Ganjil. Lembaga jika pada semester Ganjil sudah melakukan upload dan yakindatanya sdh sesuai dengam kondisi semester Genap ini, sesungguhnya lembaga hanya tinggal klik ulang tombol konfirmasi melalui akun lembaga.

Langkah Pertama Mekanisme Update Data EMIS 2017 :
Operator Kab/Kota, silahkan membuka aplikasi emis di http://emispendis.kemenag.go.id/emis1617/ Perhatikan menu baru di sebelah kiri dari layar tampilan monitor anda. Ketika dipilih salah satu jenis lembaga maka terlihat tampilan sbb:
  1. Tampilan info tentang jenis data dan tanggal Upload saat semester Ganjil 
  2. Tampilan info tentang jenis data yang WAJIB diperbaiki dgn menggunakan desktop Genap.

Informasi Revisi  Mekanisme Update Data EMIS 2017 :

Perhatikan pada Aplikasi desktop Menu Sarpras dan sub menu Rincian Ruang Kelas, silahkan semua kolom pada pertanyaan tersebut diisi dengan sempurna dan se-akurat mungkin sesuai dengan kondisi riil di lapangan (jangan sampai ada kolom yang tidak diisi). Pehatian Satuan Panjang dan Lebar dalam satuan meter (m). Jumlah Baris data pada tampilan tersebut mencerminkan jumlah ruangan kelas yang digunakan.


Perhatikan pada Aplikasi desktop Menu Rekap Siswa pada sub menu Rombel Ganjil TP 2016/2017 (abaikan keterangan Ganjil). Jumlah Baris akan terekam dari form rincian Ruang Kelas pada menu sarpras. Silahkan isikan data2 tambahan spt gambar berikut:


Perhatikan pada form xls, kolom Kelas Pararel dan No Absen. Kelas pararel wajib diisi dengan format angka 01, 02, dst sebanyak berapa kelas pararel pada satu jenjang kelas tertentu. Bilamana tidak memiliki kelas pararel alias hanya satu rombel saja pada jenjang kelas tertentu, maka pada kolom kelas pararel diisikan dengan format angka 01. Untuk Nomor absen, silahkan diisikan berapa nomor absen siswa tersebut dalam satu rombel dengan format angka 1, 2, 3, dstnya. No Absen ini akan berulang mulai angka 1 kembali bilamana kelas dan kelas pararelnya sudah berbeda rombel.




Perhatikan pada form xls untuk data detil ptk, silahkan cermati kolom tanggal lahir dan sk tmt awal. Usia diangkat sebagai Guru bilamana menurut acuan Undang-Undang Ketenagakerjaan maka usia minimal tenaga kerja adalah 16 Tahun.


Perhatikan pada form xls untuk data detil ptk, silahkan cermati kolom riwayat pendidian bagi PTK dgn jenjang minimal D4/S1, banyak yang di kolom ini tdk “terisi” dgn baik.


Perhatikan pada Aplikasi desktop Menu Rekap Siswa sub Menu Ringkasan PPDB. Isikan form tersbut dengan lengkap dan Akurat. Ingat Logika matematika berlaku disini bahwasannya Daya Tampung tidak boleh melebihi daftar siswa yang diterima, jumlah siswa diterima juga tidak boleh melebihi jumlah siswa pendaftar. Jumlah siswa disini (diterima) cek dengan data detil siswa. Ingat berlaku rumus matematika bahwasannya jumlah siswa detil (siswa baru) tdk boleh lebih besar dari ringkasan data yang diisikan pada form ini.



Perhatikan pada Aplikasi desktop Menu Rekap Siswa sub Menu pendaftar TP 2016/2017. Isikan sebaran Jumlah Siswa Pendaftar dan diterima sesuai dengan kategori asal siswa. Ingat Jumlah siswa pendaftar dan di terima harus sesuai dengan jumlah pendaftar dan di terima dari sub menu ringkasan PPDB. Jumlah siswa disini (diterima) cek dengan data detil siswa. Ingat berlaku rumus matematika bahwasannya jumlah siswa detil (siswa baru) tdk boleh lebih besar dari ringkasan data yang diisikan pada form ini.


Perhatikan pada Aplikasi desktop Menu Rekap Siswa sub Menu siswa dan rombel 2015/2016. Isikan form tersebut dengan akurat dan cermat (termasuk data DO, pindah masuk, pindah keluasr) isikan dengan cermat sesuai dengan kondisi riil yang terjadi selama TP 2015/2016. Pada Siswa Naik Tingkat cek dengan jumlah siswa detil. Ingat berlaku rumus matematika contohnya jumlah siswa detil di kelas 2 (saat ini) yg berasal dari kelas 1 sebelumnya tidak boleh lebih besar dari jumlah siswa naik kelas pada form ini.


Perhatikan pada Aplikasi desktop Menu Sarpras. Silahkan lengkapi data sarpras seakurat mungkin. Catatan jika tidak memiliki jumlah unit yang ditanyakan silahkan diisikan dengan angka 0, namun jika memiliki jumlah unit yang ditanyakan silahkan isikan dengan angka 1, 2,3 dstnya sesuai dengan jumlah unit. Isikan angka sesuai dengan kolom form yang diminta. Contohnya jika yang diminta jumlah unit silahkan isikan dengan jumlah Unit yang dimiliki atas satuan yang diminta, jika yang diminta luasan maka isikan jumlah luasan ruang dari unit yang dihitung dalam satuan meter persegi.


Perhatikan pada form xls, pada detil Lulusan, Silahkan diisikan setiap kolom data informasi terkait Lulusan dengan Lengkap dan Akurat. Ingat Tidak Boleh satu pun kolom yang tercecer yang tidak diisi atau salah format pengisian nilai2 hasil UN/US pada masing-masing mapel.

Langkah Kedua :
Operator Kab/Kota, silahkan mensosialisasikan hasil pendataan ganjil beserta kekurangannya kepada masing-masing lembaga untuk segera diperbaiki dan diupload ulang pada file2 yang di perbaiki tsb. Proses perbaikan silahkan menggunakan form dan aplikasi desktop yang telah tersedia di situs http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm

Sekian informasi mengenai  EMIS 2017 : Mekanisme Update Data EMIS 2017 semoga bermanfaat. Jangan lupa klik Like, share dan komen.


EmoticonEmoticon