Minggu, 06 Desember 2015

UKG Online Bagaikan Mimpi Buruk Bagi Para Guru Senior

Tags

UKG Online Bagaikan Mimpi Buruk Bagi Para Guru Senior - UKG Kemenag tinggal menghitung hari lagi, pendaftaran telah ditutup daftar / data nama-nama peserta ukg kemenag pun sudah terbit. Bagi yang belum melihat list data peserta ukg lihat disini :
Data Peserta UKG Kemenag. Saya ucapkan selamat bagi anda yang tercatat namanya dalam list data peserta ukg online. Menilik apa yang sudah dilakukan dan diterapkan didalam lingkungan kemendikbud, bahwa UKG Online telah dilaksanakan beberapa saat lalu, Ya ! UKG Online, kalimat tersebut benar-benar menjadi mimpi buruk bagi sebagian guru, terutama bagi guru-guru senior. Maaf bukan bermaksud rasis atau membeda-bedakan tapi ini adalah fakta yang ada di lapangan. UKG Online yang dilaksanakan oleh kemendikbud kemarin masih menyisakan berbagai problem. Terutama kendala pengetahuan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (T.I.K). Mengapa saya sebut demikian karena dari pelaksanaan UKG Online sudah sangat terlihat bagian mana yang meski diperbaiki kompetensi-komptensi yang dimiliki para guru. Begitu banyaknya peserta yang tidak paham tentang mekanisme pelaksanaan mulai dari membuak aplikasi, menggunakan bahkan cara menjawab soalpun masih kesulitan. Walaupun sebenarnya tau jawaban dari soal tersebut tapi bagi para guru-guru yang (Maaf) Gaptek hal ini sangat begitu menyusahkan. Bahkan ada kasus di salah satu kota di jawa timur dimana ada seorang guru senior salah pencet tombol aplikasi UKG Online sampai masuk berita harian media cetak. Menurut saya kurangnya pembekalan mengenai mekanisme uji kompetensi online, sehingga mengakibatkan para peserta tidak siap menghadapi hal-hal baru dalam dunia IT bagi mereka. Banyak testimoni yang keluar dari para peserta UKG Online diantaranya mereka mengaku masih kebingungan menggunakan Sistem Aplikasi UKG Online, ada lagi yang mengatakan "Saya merasa takut jika ingin menjawab soal karena takut salah pencet" nah tuh kan alasan klasik untuk anak-anak yang baru belajar komputer. Karena saya sendiri kebetulan mengajar materi praktik Komputer anak-anak kecil jadi saya sangat hapal kendala-kendala bahkan ketakutan-ketakutan yang mereka alami seperti takut salah pencet tombol tersebut. padahal salah pencet pun tidak akan membuat komputer meledak broo..!

UKG Online
Dan dari sekian banyak peserta yang mengalami kesulitan adalah mereka-mereka guru yang berstatus senior. Karena para guru senior ini kebanyakan belum bisa mengoperasikan komputer karena jaman dahulu belum populer komputer yang populer adalah mesin ketik hehe, nah seiring berkembangnya zaman kini komputer atau IT benar-benar menjadi nyawa bagi setiap aktifitas dalam dunia pendidikan. Maka dari itu saya mengharapkan bagi semua guru dimanapun anda berada berusahalah dan belajarlah menguasai dunia IT. Tidak ada kata terlambat untuk belajar bagia siapapun, usia berapapun, dalam kondisi apapun. Jika ada niat dan tekad yang kuat Insya Allah Allah SWT akan memberikan pengatuhan kepada kita. Tidak sulit bagi Allah untuk membuat hambaNya yang tidak bisa menjadi bisa. Innama amruhu idza arada syaian an yaqula lahu kun fayakun". dan satu lagi yang harus anda ingat bahwa segala sesuatu yang kita pelajari, ilmu pengetahuan yang kita peroleh tidak akan sia-sia, tidak ada yang sia-sia didunia ini. Robbana ma kholaqta hadza bathila subkhanaka fakina adzabannar.
Kembali ke masalah UKG, untuk UKG Kemenag ini nanti diharapkan bisa disikapi lebih bijak apakah akan benar-benar menggunakan sistem UKG Online ?
Nah saya harap anda semua tidak perlu takut lagi karena menurut kabar yang sudah saya terima UKG Kemenag akan dilaksanakan secara Offline. Nah loo bagaikan angin segar kan..
Tunggu info yang akan saya update mengenai UKG Kemenag akan dialakukan secara Offline di postingan saya selanjutnya,


EmoticonEmoticon