Rabu, 21 Oktober 2015

Cara Mengatasi Data Sekolah Satminkal Tidak Ditemukan Di E-PUPNS

Tags

Cara Mengatasi Data Sekolah Satminkal Tidak Ditemukan DI E-PUPNS - EPUPNS hampir selesai dan ternyata masih banyak para pegawai negeri sipil yang masih belum kelar mengisi data. Berbagai alasan dan keluhan masih saja terlontar bagi pengguna situs pendataan ulang para PNS seluruh indonesia tersebut. Kemarin saya publikasikan mengenai :

  1. Cara Menyimpan Data E-PUPNS Agar Tidak Kembali Ke Menu Login
  2. Pedjadwalan Terbaru Pengisian Data E-PUPNS Bagi User 
  3. Trik Cara Memperbaiki Data PUPNS yang Terlanjur Dikirim Melalui Fasilitas Turun Status
Kali ini kita bahasa masalah Sekolah Satminkal yang tidak ditemukan datanya di situs epupns. Seperti yang kita ketahui situs EPUPNS dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan berkolaborasi dengan AJAX. AJAX adalah suatu teknik pemrograman berbasis web untuk menciptakan aplikasi web interaktif. Tujuannya adalah untuk memindahkan sebagian besar interaksi pada komputer web surfer, melakukan pertukaran data dengan server di belakang layar, sehingga halaman web tidak harus dibaca ulang secara keseluruhan setiap kali seorang pengguna melakukan perubahan. Hal ini akan meningkatkan interaktivitas, kecepatan, dan usability.
Anda pasti tidak paham penjelasan diatas. Tapi intinya adalah teknologi ajax tersebut diterapkan di situs epupns. yang mana sebagai contoh ketika kita ingin memasukan data sekolah satminkal misalnya. Data tersebut tidak serta merta bisa langusung kita inputkan lalu kita submit dan terkirim ke database. Tidak semudah itu .! tapi saat kita inputkan misal data sekolah satminkal "X" maka server secara ototmatis melakukan request ke database dan mencocokan "X" apakah data tersebut ada didalam database atau tidak. Jika "X" ada di database maka "X" akan ditampilkan sehingga bisa kita klik dan masuk ke field form isian. Namun apabila "X" tidak bisa ditemukan maka kita tidak akan bisa menuliskan "X" kedalam field form. Itulah salah satu keunggulan teknologi ajax. dimana data akan semakin valid.
Namun Cara Mengatasi Data Sekolah Satminkal Tidak Ditemukan Di E-PUPNS misal saat anda ingin mengisi data Guru biasanya juga mereka mengalami kesulitan ketika hendak mengisikan form isian "Sekolah" jika tidak ditemukan otomatis harus mengirim tiket hepldesk untuk menambahkan sekolah tersebut. Namun saya sempat mencoba mengirim tiket untuk menambahkan Data Sekolah Satminkal Tidak Ditemukan DI E-PUPNS ternyata sistem tiket tersebut tidak bekerja. Apa yang harus dilakukan ? Tenang saja tidak usah bingung karena ada masalah pasti ada solusi. Solusi pertama adalah datangi admin EPUPNS kabupaten/kota anda suruh masukan data sekolahnya.
Cara kedua kalau anda malas mengunjungi admin kabupaten/kota pakai saja Cara Mengatasi Data Sekolah Satminkal Tidak Ditemukan DI E-PUPNS dibawah ini :
  1. Pertama login ke E-PUPNS. Kunjungi halaman ini : https://epupns.bkn.go.id/login
  2. Jika sudah Login langsung cobalah untuk memasukan data guru. Klik tab Riwayat - Data Guru.
  3. Kolom pertama adalah Lokasi (kabupaten/kota) jangan diisi dulu kolom tersebut.
  4. Langsung isi kolom Nama Sekolah Induk / Satmingkal.
    Cara Mengatasi Data Sekolah Satminkal Tidak Ditemukan Di E-PUPNS
  5. Berikutnya yang harus diisi adalah "Nama Sekolah Mengajar".
  6. Kemudian Baru Lokasi (kabupaten/kota), Bidang Studi, Mata Pelajaran, Terakhir TMT Mengajar.
Dengan  Cara Mengatasi Data Sekolah Satminkal Tidak Ditemukan Di E-PUPNS diatas semoga bisa membantu mengatasi permasalahan anda saat mengisi data Di E-PUPNS.

3 komentar

Sangat bermanfaat, saya coba ya

KOLOM KABUPATEN TIDAK MUNCUL YA???

Harusnya muncul gan.. coba ulangi lagi


EmoticonEmoticon